Apakah itu Bitcoin?

1_V0x42lZXMuPgHVraC8ZpQw

Bitcoin (disingkat BTC) adalah mata uang baru yang diciptakan pada 2009 oleh orang tak dikenal menggunakan alias Satoshi Nakamoto. Bitcoin telah berevolusi dalam beberapa tahun terakhir menjadi investasi alternatif bagi individu yang mencari nilai lindung investasi yang lebih tinggi di tengah ketidakpastian dan pelemahan mata uang global. Para ekonom, investor, peminat dan penantang telah terlibat perdebatan yang panjang tentang bitcoin. Mata uang ini sama halnya dengan mata uang lainnya seperti Rupiah, Dollar,  Euro ,dll, namun hanya tersedia di dunia digital (mata uang virtual). Konsepnya mungkin terdengar seperti eMoney, eGold atau sejenisnya, walaupun sebenarnya jauh berbeda. Banyak orang berpikir bahwa Bitcoin adalah hal yang sangat membingungkan, padahal Bitcoin adalah sesuatu yang dapat dimengerti secara sederhana. Bitcoin adalah sistem kas transaksi global yang terdesentralisasi.

 

 

Berdasarkan jurnal yang ditulis oleh penemunya (dilansir dalam Bitcoin.org), sebenarnya Bitcoin adalah: A purely peer-to-peer version of electronic cash would allow online payments to be sent directly from one party to another without going through a financial institution.

Apakah itu Bitcoin

 

Pernahkah Anda terbayang bagaimana sistem transaksi (jual, beli, transfer uang) terjadi? Ya selalu ada pihak ketiga yang menjadi penengah, misal: bank (transfer antar bank), Visa, Mastercard, Paypal dan lain sebagainya. Apakah Anda (dari Indonesia) pernah membeli barang di Amazon atau Paypal? Seperti apa kira-kira sistem pembayaran ke luar negeri? Contoh Anda menggunakan kartu kredit yang ada logo Visa, nah kira-kira bagaimana pembayaran tersebut bisa berjalan? Seperti yang kita ketahui bersama setiap institusi penyedia jasa keuangan (termasuk bank) pasti memiliki buku akuntansi mereka. astinya ada waktu, tenaga dan biaya yang harus dikeluarkan untuk dapat menjalankan transaksi tersebut. Itu sebabnya kita (paracustomer) dikenai biaya tambahan (charge). Melanjutkan diskusi awal kita, apa itu Bitcoin? Bitcoin mengganti dan mengubah sistem buku-buku kas tersebut ke dalam satu sistem akuntansi global. Tentu saja manfaatnya adalah mengurangi waktu dan biaya.

Siapakah yang Menciptakan Bitcoin?

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa Bitcoin diciptakan oleh seseorang, padahal setiap penemuan besar selalu dilakukan oleh sekelompok orang (satu tim). Bitcoin ditemukan oleh tim atau sekelompok orang dengan nama Satoshi Nakamoto. Sistem Bitcoin yang dirancang oleh Satoshi bersifat open manner, artinya kode pemrograman tersebut dapat dilihat dan diperiksa oleh semua orang di dunia. Jadi, tidak ada rahasia yang tersembunyi dan penciptanya tidak memiliki konflik kepentingan (conflict of interest). Jika Anda tertarik untuk mengetahui seperti apa bahasa pemrograman atau algoritma Bitcoin, maka Anda dapat riset Satoshi Whitepaper. Jurnal berisi 9 halaman tersebut menjelaskan matematika dan algoritma sebuah Bitcoin. Anda dapat men-download materi jurnal tersebut di Bitcoin.org (documentation). 

 

 

Siapa yang menerbitkan Bitcoin?

Bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut “mining”. Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks untuk menemukan block baru Bitcoin, sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin. Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya ada 50 BTC, sekarang 25 BTC/block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahkan sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 Juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

 

Bitcoin is software

 

Apakah Bitcoin Aman?

Anda mungkin berpikir bahwa sistem bitcoin yang open source memungkinkan seorang komputer jenius dapat membobol sistem bitcoin dan menerbitkan sejumlah bitcoin untuk dirinya sendiri. Kenyataannya sistem ini telah direview oleh berbagai kalangan sebagai tanpa cacat. Setiap data transaksi masa lampau tersimpan di semua peer di seluruh jaringan, dan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer baru dinyatakan valid. Sistem bitcoin aman, yang tidak aman adalah pengguna dan money exchanger. Sama seperti password internet banking, hacker bisa dengan mudah mencuri sejumlah uang dari Anda jika komputer terjangkit virus.

Bagaimana cara mendapatkan Bitcoin?

Anda dapet mendapatkan bitcoin dengan cara membeli dan mining. Untuk membeli bitcoin dapat dilakukan di exchanger-exchanger seperti bitcoin.co.id (indonesia), mtgox (US & Jepang), dan btcchina.com (China).

 

 

Karakteristik Bitcoin

Karakteristik 1: Bitcoin sebagai Sistem Pembayaran

Transfer instant secara peer to peer

Sistem pembayaran dengan bitcoin adalah transfer instant secara peer to peer. Peer-to-peer sendiri artinya Bitcoin berjalan tanpa memiliki server pusat. Server penyimpanannya bersifat desentralisasi dan terdistribusi—dibagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna yang terhubung ke dalam jaringan.

Pernahkah Anda terbayang bagaimana sistem pembayaran itu berlangsung? Ribuan tahun yang lalu, ketika manusia masih belum mengenal mata uang (currency), mereka melakukan perdagangan dengan menggunakan sistem barter. Contoh mereka menukarkan beras dengan jagung dan lain sebagianya. Setelah manusia mengenal mata uang (currency), maka manusia melakukan perdagangan dengan menggunakan uang tunai. Sama seperti saya dan Anda yang melakukan proses perdagangan dengan sistem bayar tunai, debit atau kartu kredit. Sekarang ini belanja online dengan kartu kredit, ke depan belanja online dapat memanfaatkan mata uang digital (Cryptocurrency). Sekarang sudah zamannya perdagangan online, Anda tentunya tidak hanya membeli barang melalui  website di Indonesia (misal: Tokopedia, BukaLapak, Shopee, dan lain sebagainya), tetapi Anda juga dapat membeli barang-barang dari website luar negeri (misal: Amazon, eBay, dan lain sebagainya).

Transfer kemana saja secara online

Tidak seperti emas, Bitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik, kapanpun dan darimanapun yang Anda mau. Pengiriman uang dengan Bitcoin bisa terjadi hanya dengan modal sebuah smartphone dan koneksi internet. Pertanyaannya bagaimana cara memindahkan uang secara online?

Harus diakui sistem yang ada memang cukup rumit, karena bank dan layanan kartu kredit menggunakan sistem ledger system (sistem kas). Sistem kas tersebut menunjukkan sejarah (riwayat akun) serta menunjukkan siapa (orangnya) yang membeli apa (mata uang) dan berapa (besarnya). Contoh: Ketika Budi melakukan transfer uang online ke Anton, bank yang akan menjalankan transfer uang dari Budi ke Anton. Apakah proses transfer tersebut dapat dilakukan sendiri? Maksudnya apakah Budi dapat berperan sebagai bank? Budi tentu saja tidak dapat berperan sebagai bank. Budi harus menggunakan fasilitas bank (contoh mesin ATM, internet banking, sms banking, mobile banking, dan lain sebagainya) untuk melakukan sendiri proses transfer.

Kenapa tidak bisa? Karena ditakutkan ada risiko kecurangan. Bank memastikan proses tersebut aman, artinya tidak dapat disalin (copy), tidak dapat di tempel (paste) dan tidak dapat dikirimkan kepada dua orang yang berbeda. Dibalik layar, semua proses pembayaran online tersebut adalah perpindahan data angka dari satu bank ke bank lainnya. Apakah ada kemungkinan oknum bank atau pihak ketiga ada yang berbuat nakal? Selalu ada saja, oleh karena itu bank melakukan proses manajemen risiko. Kita sebagai nasabah bank, pastinya percaya bahwa bank yang kita gunakan jujur dan tidak melakukan kecurangan.

Proses transfer dalam satu bank adalah hal yang mudah dilakukan, karena sistem kas nya sama dan berada dalam satu sistem besar. Permasalahan timbul jika transfer antar bank (baik di dalam negeri maupun transfer ke luar negeri). Bank yang menerima uang pastinya akan mencocokkan sistem kas dengan bank pengirim. Bank harus bekerja dengan sistem yang prudent dan penuh kehati-hatian. Oleh sebab itu jangan heran, jika Anda sebagai nasabah dikenai biaya transfer. Plus ada waktu (bisa jadi langsung atau menunggu satu hari). Sistem tersebut akan menjadi lebih kompleks jika berbeda negara. Bank harus mencocokkan sistem pembayaran, regulasi antar negara, biaya, waktu transfer bertambah dan lain sebagainya.

Bitcoin sebagai Solusi Pembayaran

Bitcoin datang sebagai salah satu solusi mata uang digital. Bitcoin adalah satu sistem kas yang melakukan sinkronisasi di seluruh internet. Jadi, semua orang dapat mengakses akun kas yang sama secara real time terlepas siapa dan dimana ia berada. Apa manfaatnya untuk Anda? Uang dapat ditransfer dari ke pihak lainnya tanpa keterlambatan (proses real time) dan tanpa biaya yang tinggi. Seperti ketika uang digunakan dulunya, sebelum dunia menjadi begitu besar dan rumit. Kita dapat menggunakan Bitcoin untuk mengirim uang ke teman dan keluarga (baik lokal dan luar negeri), beli barang online, terima gaji dan sebagainya. Bitcoin memudahkan kita memindahkan uang. Bitcoin adalah sistem pembayaran, sama seperti metode transfer bank atau kartu kredit, namun Bitcoin sedikit lebih baik. 

Biaya transfer sangat kecil.

Biaya pengiriman pun bisa dihilangkan sampai gratis, namun untuk mempercepat transaksi, biasanya dompet Bitcoin Anda akan memotong biaya sekitar 500 – 3,000 rupiah, tidak peduli berapa jumlah uang yang dikirimkan.

Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.

Bitcoin diberikan ke tangan orang lain, transaksi tidak dapat dibatalkan kecuali orang itu bersedia mengirimkan Bitcoinnya kembali;

 

 

Karakteristik 2: Bitcoin sebagai Emas Digital

Salah satu investasi yang paling tua adalah investasi emas. Orang-orang (dari zaman dahulu sampai zaman sekarang) memandang emas sebagai objek yang bernilai tinggi. Apakah sebenarnya emas itu bernilai? Emas sendiri tidak memiliki nilai, emas hanyalah sebuah bongkahan batu. Lalu darimana nilai sebuah emas? Memang agak membingungkan, karena semua orang menyetujui emas memiliki nilai tertentu (Anda dapat melihat: harga emas hari ini untuk tahu harga terbaru).

Kenapa orang-orang menganggap emas lebih berharga daripada batu yang lain?

Jawabannya emas memiliki karakteristik unit yang menjadikannya sebagai “penyimpan nilai atau store of value” yaitu: Jumlah emas yang ada di dunia ini terbatas dan langka. Emas memiliki sifat yang lunak dan dapat dicairkan serta dibentuk ke dalam unit-unit yang kecil. Contoh: koin emas, logam mulia 1 gram dan lain sebagainya. Emas juga stabil, tidak mengalami degradasi, mudah dikenali dan susah dipalsukan. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai investasi emas, silakan downloadebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula.

Bitcoin memiliki semua karakteristik yang sama seperti emas, seperti:

  1. Jumlah Bitcoin terbatas, yaitu hanya ada 21.000.000 Bitcoin di dunia.
  2. Bitcoin dapat dipecah menjadi unit-unit lebih kecil tanpa kehilangan nilai unit tersebut (1 Bitcoin = 100,000,000 Satoshi – unit terkecil dari Bitcoin, sama seperti gram di Emas). Kita dapat membeli kurang dari satu Bitcoin.
  3. Teknologi Bitcoin juga stabil dan tidak akan mengalami degradasi.
  4. Sangat sulit dibuat Bitcoin palsu, karena adanya sistem Blockchain.
  5. Anda dapat memindahkan Bitcoin kemanapun di dunia dalam hitungan menit, terlepas dari jumlah Bitcoin tersebut.

Itulah mengapa orang menyebut Bitcoin sebagai emas digital, namun emas digital yang lebih baik. Intinya, Bitcoin mirip seperti emas – inilah mengapa banyak orang menyebut Bitcoin sebagai ‘emas digital’ atau ‘Emas 2.0’.

 

 

Karakteristik 3: Transaksi bitcoin bersifat pseudonymous

Meskipun setiap transaksi bitcoin dicatat dalam log publik, nama pembeli dan penjual tidak pernah diungkapkan - hanya kartu dompet mereka. Sementara disaat transaksi terjadi, pengguna bitcoin menjadi pribadi / rahasia (private), ini juga memungkinkan mereka membeli atau menjual sesuatu tanpa mudah menelusurinya kembali kepada mereka. Itu sebabnya telah menjadi mata uang pilihan orang-orang yang membeli obat secara online atau kegiatan terlarang lainnya.

Tidak ada orang yang dapat mengontrol Bitcoin. Seperti internet yang dapat digunakan oleh setiap orang, begitupula karakter Bitcoin. Harus diakui bahwa internet adalah kemajuan terbesar dalam sejarah manusia dan terbukti mengubah cara hidup serta cara kerja masyarakat di dunia. Internet modern didesain dalam sebuah sistem yang terbuka sehingga setiap orang dapat menggunakannya sesuka hati. Sistem internet tidak dimiliki oleh siapa pun (tidak ada gate keeper). Internet menjadi kebutuhan pokok, sehingga orang-orang mulai mencari cara menghemat kuota. 

Hal ini menyebabkan adanya “inovasi tanpa izin” – semua orang boleh mencoba hal-hal baru tanpa perlu meminta akses dari gatekeeper. Internet juga didesain “interoperable” – artinya internet yang kita gunakan di Indonesia tersambung dengan internet di negara lain. Bitcoin disebut “desentralisasi”, karena Bitcoin seperti internet yang tidak dimiliki oleh siapa pun (tidak ada gate keeper). Oleh sebab itu Bitcoin mendukung adanya “inovasi tanpa izin” yang memungkinkan orang berinovasi dan berkembang. 

Bitcoin juga bersifat interoperable – artinya Bitcoin saya, Bitcoin Anda dan Bitcoin orang-orang di luar negeri berada dalam satu sistem yang sama. Bitcoin adalah satu kas transaksi global. Bitcoin dapat dikatakan mata uang global pertama di dunia. Jadi, jika ditanya, apa itu Bitcoin? Anda dapat membayangkan sebuah wadah (ember) yang didalamnya ada kartu debit (atau kartu kredit), emas dan internet. Semuanya jadi satu itulah Bitcoin. 

Karakteristik 4: Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.

Bitcoin yang menggunakan database Blockchain tidak dikontrol oleh suatu pihak, melainkan sangat terbuka untuk umum sehingga mustahil bagi seseorang untuk memalsukan transaksi di Blockchain. Seluruh transaksi tercatat secara live, transparan, dan tersebar ke jutaan server. Mereka yang ingin mengubah atau memalsukan data transaksi Bitcoin, harus meretas jutaan server tersebut di saat yang bersamaan.

Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.

 

Karakteristik 5: Jumlah Bitcoin terbatas

Suplai Bitcoin hanya akan ada 21 juta Bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin yang terus berkurang setiap 4 tahun sekali ini menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply bitcoin, harga bitcoin cenderung naik. Semakin banyak orang menggunakan Bitcoin untuk pembayaran, semakin berharga pula sistem pembayaran ini.

Bagaimana dengan masa depan Bitcoin?

No one knows what will become of bitcoin. It is mostly unregulated, but some countries like Japan, China and Australia have begun weighing regulations. Governments are concerned about taxation and their lack of control over the currency. 

Dimana Mendapatkan Bitcoin

 

 

Disclaimer:

  • Tulisan di atas bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan sebagai saran berinvestasi atau berspekulasi. 

Sumber Referensi :

 

 

 

 

Market Overview 2018-01-02
Forex for Beginners – What is Forex?

Related Posts

 

Comments

No comments made yet. Be the first to submit a comment
Already Registered? Login Here
Guest
Sunday, 19 August 2018
If you'd like to register, please fill in the username, password and name fields.

Captcha Image

High Risk Attention and Disclaimer

HIGH RISK - ATTENTION : Forex imply an elevate level of risk which might be not suitable for all investors. Leverage generate further exposition and loss risks. Before to take decision of trading forex, consider carefully yours investment objectives, expertise level and propensity to risk. Past performance is not indicative of future results. Your starting investment might be lost partially or totally. Don’t invest money you cannot afford to lose.  
DISCLAIMER : Pages contained in this web site in any case constitute neither financial counsel service nor solicitation to public saving. Nothing contained in this web site constitute solicitation, offer or recommendation to purchase or sell any investment or to commit in any transaction. Nothing contained in this web site constitute solicitation to investment, fund raising or management for third party. Opinions, article, analysis report, operational report and other documents realized from INDOFOREX.INFO which have to do with market speculation, are dedicated to sustain our individual trading and in any case to represent, solicitation, advice or invest invitation. The web site has just a guise of sharing, cultural and expertise. Although the indication quoted are provided with a mere informative scope, we refuse all responsibility, charged to web site Administrator, for possible negative consequences which should come from an operational funded on their observance.